Wagub Kukuhkan Pjs Walikota Pangkalpinang dan Bupati Belitung

PANGKALPINANG – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, Rabu (14/2/2018) petang, mengukuhkan Pejabat sementara (Pjs) Walikota Pangkalpinang dan Kabupaten Belitung.

Pjs Walikota Pangkalpinang dimandatkan kepada Asyraf Suryadin yang saat ini menjabat Kepala Biro Kesra Setda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, sedangkan Pjs Bupati Belitung dijabat Sahirman yang saat ini menduduki kursi Kepala BKPSDM Babel.

Pengukuhan kedua Pjs tersebut berdasarkan dengan SK Mendagri Nomor 131.19-302 tahun 2018 tentang penunjukan Asyraf Suryadhin sebagai Pjs Walikota Pangkalpinang, dan nomor 131.19-258 tahun 2018 tentang penunjukan Sahirman sebagai Pjs Bupati Belitung, yang ditandatangani oleh Mendagri Cahjo Kumolo tertanggal 13 Februari 2018.

Pengukuhan Pjs dilakukan karena terjadi kekosongan jabatan Walikota Pangkalpinang dan Bupati Belitung. M. Irwansyah mundur dari Walikota Pangkalpinang lantaran ikut dalam kompetesi Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Provinsi Sumatera Selatan. Sementara Sahani Saleh mundur dari jabatan Bupati Belitung juga dikarenakan Ia turut serta mencalonkan kembali menjadi Bupati Belitung.

Kedua Pjs tersebut memangku terhitung 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Mereka memliliki tugas dan wewenang diantaranya, Pertama, memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang mejadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.

Tugas dan wewenang kedua, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. Ketiga, memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang, Bupati dan Wakil Bupati Belitung yang definitif serta menjaga netralitas PNS. Keempat melakukan pembahasan Raperda dan dapat menandatangani Perda setelah mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri. Kelima, melakukan pengisian pejabat berdasarkan peraturan perundang-undangan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri.

Wakil Gubernur Abdul Fatah dalam sambutannya menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 1 tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018, tanggal 15 Februari 2018 ditetapkan sebagai hari dimulainya masa kampanye pada pemilihan kepala daerah secara serentak tahun 2018.

Sesuai dengan amanah peraturan perundang-undangan, dikatakan Abdul Fatah, Gubernur Babel telah mengusulkan masing-masing 3 nama pejabat di Pemprov Babel kepada Mendagri untuk kemudian ditunjuk dan ditetapkan sebagai Pjs Walikota Pangkalpinang dan Pjs Kabupaten Belitung.

Wagub berharap kepada Pjs Walikota Pangkalpinang maupun Bupati Belitung, agar dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab sesuai peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Selain itu, Wagub juga mengingatkan kepada para pejabat yang dikukuhkan untuk memeilihara ketentraman dan ketertiban masyarakat selama tahapan pilkada dan memastikan tahapan tersebut dilaksanakan dengan baik, tetap menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkada dan melaporkan pelaksanaan tugas secara periodik kepada Mendagri melalui Gubernur.

Acara Pengukuhan Pjs Walikota Pangkalpinang dan Bupati Belitung tersebut, juga dihadiri Pejabat dari unsur Forkopimda, Pejabat Eselon I dan II di Lingkungan Pemprov Babel, Pejabat Eselon I dan II di Lingkungan Pemkot dan Pemkab Belitung, serta unsur terkait lainnya.(Sentosa).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas